Doa Agar Ditambahkan Ilmu yang Bermanfaat dan Kepahaman

Doa Agar Ditambahkan Ilmu yang Bermanfaat dan Kepahaman

  • Post author:
  • Post category:BLOG

Doa Agar Ditambahkan Ilmu yang Bermanfaat dan Kepahaman – Kita semua tentu setuju bahwa ilmu adalah dasar terpenting bagi manusia untuk mengarungi kehidupan di bumi. Ya, sebab ilmu sejatinya adalah sebuah cahaya dalam sebuah kehidupan makhluk. Kalau boleh kita bilang, kebutuhan primer manusia yang utama sebelum sandang, pangan, dan papan adalah ilmu.

Ya, sebab kebutuhan manusia akan ilmu sangatlah banyak. Tanpa ilmu, mustahil kebutuhan primer manusia mampu terpenuhi. Ilmu yang ada pun sangat banyak jumlahnya, sebanyak jumlah nafas. Sebab setiap nafas membutuhkan iman dan hikmah.

Tak ada manusia yang benar-benar pintar dalam dunia ini kecuali para wali yang Allah kehendaki. Sebab ilmu kita yang kita miliki itu layaknya menabur garam pada tengah lautan, bukanlah apa-apa. Oleh karena itu, kita harus senantiasa memanjatkan doa agar senantiasa ditambahkan ilmu oleh Allah.

Doa Agar Ditambahkan Ilmu

فَتَعٰلَى اللّٰهُ الْمَلِكُ الْحَقُّۚ وَلَا تَعْجَلْ بِالْقُرْاٰنِ مِنْ قَبْلِ اَنْ يُّقْضٰٓى اِلَيْكَ وَحْيُهٗ ۖوَقُلْ رَّبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا – ١١٤

Arab-Latin : fata’aalaa allaahu almaliku alhaqqu walaa ta’jal bialqur-aani min qabli an yuqdaa ilayka wahyuhu waqul rabbi zidnii ‘ilmaan

Artinya : Maka Mahatinggi Allah, Raja yang sebenar-benarnya. Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa (membaca) Al-Qur’an sebelum selesai datang wahyu kepadamu, dan katakanlah, “Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku. ” (QS. Thaha [20]: 114).


BACA JUGA :


Hikmah Pengamalan

Ayat inilah yang menjadikan Allah menyuruh Nabi Muhammad saw agar berdoa supaya Allah memberikan kepadanya tambahan ilmu agar mempermudah hapalan. Hal ini berdasarkan kejadian yang mana Nabi Muhammad membaca ayat ini dengan cepat dan berulang-ulang agar hapal. Namun, Allah melarang hal tersebut. Ayat ini menegaskan bahwa Allah Yang Mahatinggi, Mahabesar amat Luas Ilmu-Nya yang dengan Ilmu-Nya itu Ia mengatur segala sesuatu dan membuat peraturan-peraturan yang sesuai dengan kepentingan makhluk-Nya, tidak terkecuali peraturan-peraturan untuk keselamatan dan kebahagiaan umat manusia.

Oleh karena itu, amalkanlah ayat tersebut dengan menyertakan doa berikut ini secara istiqomah sehabis Anda mendirikan sholat fardhu maupun saat hendak mempelajari sesuatu.

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي, وَعَلِّمْنِيْ مَايَنْفَعُنِيْ, وَ زِدْنِيْ عِلْمًا

Arab-Latin : Allahumman-fa’niy bimaa ‘allamtaniy wa ‘allimiy maa yanfa’uniy, wa zidniy ‘ilman

Artinya : “Ya Allah, berilah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku, Dan tambahkanlah ilmu kepadaku.” (HR. at-Tirmidzi:3599, dan Ibnu Majah:251, 3833).

Selain dengan doa tersebut, sebenarnya ada cara lain agar Anda senantiasa bertambah ilmu bahkan tanpa harus belajar terus menerus. yakni jika Anda menguasai ilmu laduni. Jika Anda ingin serius menguasai ILMU LADUNI dan ILMU INDERA KEENAM bersama Kang Masrukhan, maka silahkan langsung hubungi admin Kang Masrukhan di 082223338771 atau 085712999772.

ILMU LADUNI cocok untuk Anda yang ingin mendapat pengetahuan spiritual langsung dari Allah. Dengan Ilmu Laduni, Anda bisa membuka mata hati nurani, bisa menguasai berbagai macam ilmu dunia dan ilmu akhirat dengan lebih mudah, bahkan tanpa sengaja belajar.

Info lengkap KLIK GAMBAR  BERIKUT!